1001 Cars To Dream of Driving Before You Die

1001 Cars To Dream of Driving Before You Die

B. Indonesia Berikanlah contoh penulisan unsur serapan yang benar dari bahasa Belanda aa menjadi


A
gaib : gaib



B
ajaib : ajaib



C
Octaaf : oktaf



D
Aerob : aerob



E
Semua jawaban benar

Berikanlah contoh penulisan unsur serapan yang benar dari bahasa Belanda aa menjadi


A
gaib : gaib



B
ajaib : ajaib



C
Octaaf : oktaf



D
Aerob : aerob



E
Semua jawaban benar

Kata serapan merupakan bahasa lain yang dapat diterima di suatu negara. Contoh penulisan unsur aa menjadi C. Oktaf

Pembahasan:

Apa yang dimaksud dengan kata serapan dan apa  contohnya? Tahukah Anda  bahwa kata 'apotek' sebenarnya berasal dari kata Belanda 'apotek'? Tempat pembuatan dan penjualan obat-obatan, dan juga tempat obat-obatan dan apotik diperdagangkan. Selain kata apotek, ada juga kata "sepur".

"Sepuru" berarti kereta api dalam bahasa Jawa. Kata tersebut juga ditemukan dalam kata pinjaman dari bahasa Belanda, yaitu Spoor. Ternyata masih banyak lagi kata-kata lain yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun semuanya masuk dalam kategori kata serapan dari bahasa asing.

Kata serapan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata serapan  dari bahasa lain menurut kaidah bahasa penerima.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa makna kata serapan ada apabila kata tersebut  memenuhi kaidah bahasa utama, yaitu bahasa Indonesia.

Berdasarkan pendapat  para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa kata pinjaman adalah kata-kata yang dihasilkan oleh bahasa penerima menurut kaidah kebahasaan.

Kata serapan ini berasal dari kehadiran perwakilan bahasa asing dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa penerima. Oleh karena itu, banyak kata serapan yang hampir sama dengan bahasa asing yang sebenarnya.

Misalnya, dalam bahasa Indonesia, munculnya bahasa serapan yang merambah bahasa ini tidak hanya disebabkan oleh faktor interaksi masyarakat, tetapi juga oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dari berbagai bidang dan kehidupan.

Kajian ini memungkinkan kemajuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan, seni dan teknologi meluas dari perbendaharaan kata bahasa-bahasa  dunia, termasuk bahasa Arab.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang peluluhan kata brainly.co.id/tugas/6967361

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]